THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 08 September 2009

refleksi minggu ke-4

Pada pelajaran komal minggu keempat ini,, aku menndapat pengetahuan baru. Mulai dari dimensions of the self diri sampai mengenai communication apprehension.
Beberapa pokok aspek yang ada dalam diri adalah self-concept, self-awareness, dan self-esteem.
Self-concept
(bagaiman cara kita melihat diri kita sendiri) ini terdiri dari perasaan dan pemikiran kita mengenai kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri kita, kemampuan dan keterbatasan kita, serta pandangan kita. Self-concept ini dapat berkembang melalui : pandangan orang menenai kita dan yang mereka nyatakan tentang diri kita, membandingkan diri kita dengan orang lain (jika kita ingin menambah wawasan kita tentang seberapa efektif dan mampunya kita, kita dapat membandingkannya dengan sesame kita), ajaran kebudayaan (melalui orang tua, guru ataupun lingkungan, kebudayaan menamamkan dalam diri kita mengenai kepercayaan, nilai, dan attitude), interpretasi dan evaluasi kita.
Self-awareness adalah pengetahuan kita mengenai diri kita dan sampai tingkat mana kita mengenal diri kita. Ada 4 bagian mengenai cara untuk mengetahui self-awareness kita, the open self (orang lain dan diri kita sendiri mengetahui mengenai informasi tentang diri kita), the blind self (orang lain mengetahui mengenai diri kita tetapi kita tidak mengetahuinya), the hidden self (kita mengetahui mengenai informasi tentang diri kita yang orang lain tidak tahu), dan the unknown self (informasi mengenai diri kita yang tidak diketahui oleh orang lain bahkan diri kita sendiri). Self-awareness (kesadaran diri) dapat ditingkatkan dengan cara: menanyakan pada diri sendiri mengenai diri kita, mendengarkan orang lain, aktif mencari informasi tentang diri kita.
Self-esteem adalah harga yang kita tetapkan untuk diri kita (harga diri).

Communication apprehension adalah keadaan ketakutan atau kegugupan mengenai situasi komunikasi. Trait apprehension adalah perasaan cemas dalam berkomunikasi pada umumnya, tanpa menghiraukan situasi yang spesifik. Ketakutan ini muncul dalam situasi dyadic, kelompok kecil, dan pembicaraan di muka umum. State apprehension adalah perasaan cemas dalam berkomunikasi yang terjadi dalam situasi yang spesifik. Contohnya,, pada saat interview.

Dengan adanya ini aku bisa lebih mengerti mengenai bagaimana cara mengembangan dan apa saja mengenai diri ku..... :D

0 komentar: