THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 22 September 2009

Perception in Interpersonal Communication

Pada pertemuan kelas komal dua minggu yang lalu,, diajarkan mengenai Perception in Interpersonal Communication. Persepsi…apa itu persepsi?? Persepsi adalah bagaimana cara kita untuk melihat sesuatu. Dalam melakukan persepsi dibutuhkan lima tahapan.
Pertama, stimulasi. Dalam prosesnya stimulasi ada dua macam,, selective perception dan selective exposure. Dalam selective perception, kita hanya melihat apa yang ingin kita lihat dan hanya mendengar apa yang ingin kita dengar. Sedangkan dalam selective exposure kita hanya membuka diri kita pada apa yang kita suka atau mau, misalnya: kita lebih membuka diri pada sesuatu yang kepercayaannya sama dengan kita, pada sesuatu yang diulang-ulang (contohnya: iklan), dan pada sesuatu yang berbeda dari yang lain.
Proses yang kedua adalah mengorganisasi. Pengorganisasian biasanya dilakukan dengan 3 cara. Yang pertama by rules, contohnya: jika kita melihat seorang cewek yang berambut panjang,, secara otomatis otak kita akan mencari segala sesuatu tentang bagaimana orang yang memiliki rambut panjang.. Yang kedua by schemata, contohnya adalah stereotype (yang dibahas pada chapter 2) dan cara yang terakhir adalah dengan by scripts.
Proses selanjutnya adalah Interpretation-Evaluation. Pada tahap ini kita melakukan penilaian. Selanjutnya adalah menyimpannya. Dan yang terakhir adalah memanggilnya kembali (recall).
Yaa,, dengan adanya kelas komal dari minggu ke minggu ini aku sudah mulai bisa untuk berbicara dengan orang lain. Dan dengan adanya kelas komal ini aku semakin mengerti pentingnya untuk kita saling berkomunikasi dengan orang lain…

0 komentar: